Persiapan Pekerjaan Jalan

Spesifikasi Persiapan Pekerjaan Jalan
PEKERJAAN PENDAHULUAN
1. MOBILISASI

Mobilisasi sebagaimana ditentukan dalam kontrak ini akan meliputi pekerjaan persiapan yang diperlukan untuk pengorganisasian dan pengelolaan pelaksanaan pekerjaan proyek,ini juga akan mencakup Demobilisasi setelah penyelesaian pelaksanaan pekerjaan yang memuaskan. Penyedia/penyedia harus mengerahkan sebanyak mungkin tenaga setempat dari kebutuhan tenaga pelaksanaan pekerjaan tersebut

Penyedia (kontraktor) berdasarkan Petunjuk direksi teknik harus menggunakan rute(jalur) tertentu dan menggunakan kendaraan kendaraan yang ukuran nya sesuai dengan kelas jalan tersebut serta membatasi muatannya untuk menghindari kerusakan jalan dan jembatan yang digunakan untuk tujuan pengangkutan ke tempat proyek.



Mobilisasi peralatan berat dari dan menuju ke lapangan pekerjaan harus dilaksanakan pada waktu lalu lintas sepi,dan truk truk angkutan yang bermuatan harus ditutup dengan terpal.

Cakupan dari mobilisasi Peralatan ini meliputi :
a). Alat berat
b). Peralatan perlatan kerja
c). Pembutan gudang /Kantor
d). Pembutan Papan Nama Proyek
e). Dan lain sebagainya.

2. PENYIAPAN LAPANGAN

Penyedia harus menguasai lapangan dalam melaksanakan kegiatan kegiatan pengelolaan dan pelaksanaan pekerjaan dalam daerah proyek. Penyedia/Penyedia harus menyediakan material material sesuai dengan item item pekerjaan.

3. PELAKSANAAN PEKERJAAN

Untuk menjamin kualitas ,ukuran ukuran dan kinerja pekerjaan yang benar Penyedia harus menyediakan staf teknik berpengalaman yang cocok sebagaimana ditentukan,Staf teknik tersebut jika

dan bila mana diminta harus mengatur pekerjaan lapangan dan mengorganisasi tenaga kerja Penyedia dan memelihara catatan catatan serta dokumentasi proyek.

Sebelum pematokan dan pengukuran dilapangan (setting cut) Penyedia harus mempelajari gambar gambar kontrak dan bersama sama dengan direksi teknik mengadakan pemeriksaan daerah proyek,dan khusus mengukur /memasang lebar jalan ,daerah milik jalan ,alinyemen untuk setiap pelebaran atau rekontruksi drainase tepi jalan , dan gorong gorong, serta melakukan satu pemeriksaan yang terinci semua banunan jembatan yang diusulkan.Perubahan Tempat/volume dari pemeriksaan tersebut diatas harus dicatat pada Shop Drawing.

Patok patok kilo meter dan patok stasiun harus diperiksa dan dipindahkan bila diperlukan. Pada daerah perkerasan dimana satu pekerjaan perataan dan /atau lapis permukaan harus dibangun satu profil memanjang sepanjan g sumbu jalan harus diukur serta penampang melintang diambil pada interval tertentu untuk menentukan kelandaian dan kemirigan melintang dan untuk menentukan pengukuran ketebalan serta lebarnya kontruksi baru. Semua bahan yang dipasok harus sesuai dengan spesifikasi dan harus disetujui oleh direksi teknis.

4. STANDARD DAN MUTU BAHAN

BATU
Batu tersebut harus batu lapangan dengan pemukaan kasar atau batu sumber (quarry) kasar yang keras dalam kondisi baik,awet dan mutunya padat,tahan terhadap daya perusakan air, serta sepenuhnya cocok digunakan untuk pasangan batu.

ADONAN (MORTAR)
Adonan terdiri dari semen Portland(PC) dicampur dengan agregat halus atau pasir kasar dalam satu perbandingan 1 semen dan 3 agregat/pasir.

BAJA TULANGAN
Baja tulangan yang diperlukan adalah baja tulangan yang bermutu seperti yang diisyaratkan adalah mutu 0 – 24 dengan karaktersistik 2.400kg/cm. Kawat pengikatharus tebuat dari baja lunak dengan diameter minimum 1 mm,yang telah dipijarkan lebih dahulu dan tidak bersepuh seng.

KAYU
Standard yang digunakan harus memenuhi syrat seperti mutu kayu adalah mutu I sesuai dengan PBBI NI -3, bebas dari getah cacat cacat dan harus mengalami proses pengeringan udara minimum 3 bulan.

Bahan bahan Lain yang digunakan kwalitas nya dalam spesifikasi ini harus mempunyai standart yang sesuai dengan SII tentang bahan bahan tersebut.

Persiapan Pekerjaan Jalan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Masyarakat Belajar

0 komentar:

Post a Comment