Hebel Jenis Reinforced Brick Concrete (RBC)

Hebel jenis ini adalah kombinasi dari penguatan, batu bata dan beton. Sudah diketahui fakta bahwa beton sangat lemah dalam ketegangan. Oleh karena itu di lempengan, lintel dan balok beton pada bagian di bawah sumbu netral tidak ikut menolak muatan. Ini hanya berfungsi sebagai bahan pengisi saja. Oleh karena itu untuk mencapai ekonomi beton di zona tarik bisa diganti dengan batu bata atau genteng. Tenda semen padat digunakan untuk menyematkan penguatan. Tulangannya bisa berupa bar baja, mesh diperluas dll.

Hebel Jenis Reinforced Brick Concrete (RBC)

BETON PRESTRESSED (PSC)

Kekuatan beton dalam ketegangan sangat rendah dan karenanya diabaikan di R.C.C. Desain. Beton dalam ketegangan bertindak sebagai penutup baja dan membantu menjaga baja pada jarak yang diinginkan. Jadi di R.C.C. Banyak beton tidak dimanfaatkan dengan baik. Prestasi beton merupakan salah satu metode pemanfaatan keseluruhan beton. Prinsip beton pratekan adalah untuk mengenalkan tegangan tekan yang dihitung di zona di mana tegangan tarik diharapkan pada elemen struktur beton. Bila elemen struktur tersebut digunakan, tegangan yang dikembangkan karena pemuatan harus terlebih dahulu meniadakan tegangan tekan ini sebelum mengenalkan tegangan tarik pada beton. Dengan demikian beton beton pratekan digunakan untuk menahan beban.

Keuntungan penting lain dari PSC adalah keretakan rambut yang dihindari pada beton dan karenanya daya tahannya tinggi. Kekuatan kelelahan PSC juga lebih. Lendutan balok PSC jauh lebih sedikit dan karenanya dapat digunakan untuk rentang yang lebih lama juga. PSC biasa digunakan dalam pembangunan jembatan, lempeng bebas kolom besar dan atap. PSC sleepers dan electric piles biasa digunakan. Material yang digunakan di PSC adalah baja tarik tinggi dan baja dengan kekuatan tinggi. Ketegangan kabel mungkin dengan pretensioning atau post tensioning. Pretensioning terdiri dari peregangan kabel sebelum melakukan concreting dan kemudian melepaskan kabelnya.

Dalam kasus post tensioning, saluran dibuat pada elemen beton. Setelah beton mengeras, kawat prategang dilewatkan melalui saluran. Setelah peregangan kabel, mereka berlabuh ke elemen beton oleh jangkar khusus.

© CivilTekno

Hebel Jenis Reinforced Brick Concrete (RBC) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Masyarakat Belajar

0 komentar:

Post a comment