Penjelasan Analisa Jembatan Sementara dalam Pembuatan RAB Jalan

Penjelasan Analisa Jembatan Sementara Pekerjaan Jalan
Setelah Kita membahas Penjelasan Analisa Mobilisasi Peralatan, kita masuk ke Pembahasan Penjelasan Analisa Jembatan Sementara. Bila Anda belum memiliki file Analisa Jembatan Sementara.xlsx silahkan untuk mendownloadnya  disini.

Kita akan masuk kedalam tahapan penjelasan pengisian data sebagai berikut:
  1. Abaikan tulisan berwarna merah pada kolom F5 (% TERHADAP TOTAL BIAYA PROYEK) kita akan mengisi datanya pada pembelajaran berikutnya.
  2. Item yang dapat diperubahi hanya tulisan berwarna biru dengan background abu-abu, hal ini dimaksudkan agar mempermudah bagian manakah yang belum di entri data berdasarkan dokumen lelang atau dokumen perencanaan. 
  3. PENTING, periksa kembali Item Pekerjaan Mobilisasi pada Divisi Utama, apakah telah tercantum biaya mobilisasi Jembatan Sementara, karena harga untuk mobilisasi Jembatan Sementara hanya boleh dimuat pada Item Pekerjaan Mobilisasi.
  4. Item Data dan Asumsi kolom H13 dan H14 adalah jenis jembatan yang akan digunakan, pilih salah satu sesuaikan dengan jenis jembatan yang disyaratkan pada dokumen lelang. Dan perhatikan pada dokumen lelang, ukuran dimensi jembatan yang akan dibutuhkan, biasanya pada dokumen lelang tidak mencantumkan luasannya, hanya berupa data Panjang dan Lebar Jembatan Sementara. Tinggal kita kalikan saja (Panjang x Lebar) untuk mendapatkan luasan jembatannya. Setelah itu isikan luasan pada kolom I13 atau I14 berdasarkan jenis jembatannya.
  5. Masukkan luasan Detour yang diperlukan pada kolom H17. Detour adalah lintasan jalan baru yang ditujukan untuk akses masuk ke jembatan sementara. Detour didapatkan dari hasil pengalian antara Panjang Lintasan Baru dikalikan dengan lebar lintasan baru. *) Lintasan  Jalan Jembatan Sementara tidak termasuk panjang dan Lebar Jembatan Sementara.
  6. Pada kolom H18 masukkan jumlah hari Masa Pelaksanaan Proyek.
  7. Kolom H19 masukkan jumlah hari masa pemeliharaan jembatan sementara.
  8. Masukkan harga sewa  jembatan atau harga pembuatan jembatan pada kolom I24 untuk jenis jembatan Bailley dan kolom I25 untuk jenis jembatan kayu. Jangan lupa untuk selalu mengambil data harga material/alat dari Basic Price, hal ini ditujukan untuk mempermudah pekerjaan pembuata RAB, bila pada basic price tidak ditemukan material/alat yang dimaksud silahkan untuk menambahkannya. PENTING dalam penentuan harga peralatan yang disewa harap dimasukkan total harga selama pemakaian alat tersebut.
  9. Isian ketebalan dan jenis material base pada pekerjaan pembuatan Detour di kolom F26 dan kolom F27
  10. Masukkan tiap harga material pada kolom I26 dan kolom I27, serta I28.
  11. Harga sewa tanah untuk pembuatan Detour masukkan pada kolom I29.
  12. Untuk pekerjaan pemeliharaan, masukkan harga Upah atas Jasa per jamnya, (Pekerja pada kolom I35), (Tukang pada kolom I36), (Mandor pada kolom I37)

Penjelasan Analisa Jembatan Sementara dalam Pembuatan RAB Jalan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Masyarakat Belajar

0 komentar:

Post a comment