Penjelasan Cara Membuat RAB Jalan untuk item Mobilisasi Pekerjaan Jalan Divisi Utama

Proses Mobilisasi Peralatan pada pekerjaan Jalan
Kali ini kita akan membahas satu persatu cara membuat RAB Jalan, sebelumnya Anda harus mendownload Analisa Pekerjaan Jalan di blog ini, Anda dapat mendownload disini.

Bila Anda sudah mendownload Analisanya baik versi per item maupun Full AHS Jalan, kita akan masuk kedalam tahapan penjelasan pengisian data sebagai berikut:
  1. Abaikan tulisan berwarna merah pada kolom F5 (% TERHADAP TOTAL BIAYA PROYEK) kita akan mengisi datanya pada pembelajaran berikutnya.
  2. Item yang dapat diperubahi hanya tulisan berwarna biru dengan background abu-abu, hal ini dimaksudkan agar mempermudah bagian manakah yang belum di entri data berdasarkan dokumen lelang atau dokumen perencanaan. 
  3. Item A. SEWA TANAH kolom H12 dan I12, merupakan isikan luasan tanah dan harga satuan sewa per luasan tanah, yang akan dipergunakan untuk didirikannya: Base Camp, Kantor, Barak, Bengkel, Gudang, dan lain-lain. Namun bila Anda tidak mendirikan bangunan diatas dengan kata lain melakukan sewa gedung atau bangunan yang sudah ada maka, Anda dapat memasukkan luasan bangunan total pada kolom H12 dan harga sewa bangunan tersebut berdasarkan harga per satuan luasannya pada kolom I12.
  4. Item B. PERALATAN kolom J16 merupakan hasil dari kolom J159 pada bagian bawah Lembaran Daftar Peralatan yang dibutuhkan. SESUAIKAN daftar alat yang digunakan baik jenis alat (Kolom D) serta jumlah alat (Kolom H) yang digunakan, agar sesuai dengan dokumen lelang atau daftar alat yang akan direncakan bila membuat RAB Perencanaan. Lalu isikan harga mobilisasi perlatan berdasarkan jenis alatnya per unitnya pada kolom I.
  5. Item C. MOBILISASI FASILITAS KONTRAKTOR adalah isian data-data fasilitas umum yang akan dipergunakan, biasanya hal ini dimuat bila membuat Fasilitas ditanah kosong contoh hanya menyewa sebidang tanah dan mendirikan kantor atau gudang diatasnya. Anda dapat menambah fasilitas umum lainya yang akan dimobilisasikan asalkan masih sesuai dengan kebutuhan lapangan dan spesifikasi lelang atau perencanaan. Jumlah dan Harga dapat disatukan atau dicacah dengan membuat jumlah dan harga satuan per unit masing-masing.
  6. Item D. MOBILISASI FASILITAS LABORATORIUM, kolom H28 dan Kolom I28 berasal dari Lembaran Daftar Peralatan Uji Lapangan disamping kanan. Item ini hanya dapat diisi apabila didalam dokumen lelang disebutkan melakukan pengujian di lapangan, Pengujian diluar lapangan atau bukan dilapangan maka dapat mengisi pada Lembar Daftar Peralatan Uji di bagian TEST LUAR, kolom P57 dan Q57.
  7. Item E.MOBILISASI LAINNYA, merupakan isian pengadaan peralatan atau pekerjaan yang bersifat darurat dimana dapat mempengaruhi proses pekerjaan. Sering sekali pada saat perencanaan hal in tidak dimasukkan sehingga pada dokumen lelang tidak tertera item penambahan pekerjaan atau peralatan bersifat darurat. Akan tetapi pada proses pelelangan berlangsung Anda (kontraktor) dapat melakukan survey pada lokasi pekerjaan untuk mengetahui keadaan lapangan sebenarnya, atau dapat juga melakukan pengajuan perubahan Dokumen lelang pada saat pekerjaan sudah dilakukan (Adendum-CCO) kepada pihak Direksi.
  8. Item F.MANAJEMEN DAN KESELAMATAN LALU LINTAS, merupakan daftar perlatan pengaturan sistem keselamatan lalu lintas. Data di kolom I85 diperoleh dari Lembar Daftar Peralatan Pengaturan Keselamatan Lalu Lintas Kolom Q76. Untuk mengisi dokumen Lembar Daftar Peralatan Pengaturan Keselamatan Lalu Lintas, Anda harus mengetahui Zona Lalu Lintas di area kerja. Zona dapat dilihat pada dokumen KRS, LDK dan LDP. Setelah zona ditentukan masukkan harga mobilisasinya pada kolom AH81-AH100.
  9. Item G. DEMOBILISASI, merupakan nilai harga kebutuhan untuk mengembalikan keseluruhan peralatan yang tidak tercantum pada saat mobilisasi dilakukan, Anda dapat mengisi setiap item peralatan yang tidak tercantum nilai demobilisasinya.

Penjelasan Cara Membuat RAB Jalan untuk item Mobilisasi Pekerjaan Jalan Divisi Utama Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Masyarakat Belajar

1 komentar: