Spesifikasi Teknik Pekerjaan Pengaspalan Jalan


Pekerjaan Pengaspalan Jalan

Spesifikasi Teknik Pekerjaan Pekerjaan Pengaspalan Jalan

PHOTO BY CivilTekno
Pekerjaan ini mencakup pengadaan lapisan padat yang awet berupa lapis perata, lapis pondasi atau lapis aus campuran aspal yang terdiri dari agregat dan bahan aspal yang dicampur secara panas di pusat instalasi pencampuran, serta menghampar dan memadatkan campuran tersebut di atas pondasi atau permukaan jalan yang telah disiapkan sesuai dengan Spesifikasi dan memenuhi garis ketinggian dan potongan memanjang yang ditunjukkan dalam gambar rencana kerja (Soft Drawing).
Spesifikasi Jenis-Jenis Aspal 1. Latasir (Sand Sheet) Kelas A dan B  Campuran-campuran ini ditujukan untuk jalan dengan lalu lintas ringan, khususnya pada daerah dimana agregat kasar sulit diperoleh. Pemilihan Kelas A atau B terutama tergantung pada tebal nominal minimum. Campuran Latasir biasanya memerlukan penambahan filler agar memenuhi kebutuhan sifat-sifat yang disyaratkan.
2. Lataston (HRS)  Lataston terdiri dari dua macam campuran, Lataston Lapis Pondasi (HRS Base) dan Lataston Lapis Permukaan (HRS Wearing Course) dan ukuran maksimum agregat masing-masing campuran adalah 19 mm. Lataston Lapis Pondasi (HRS Base) mempunyai proporsi fraksi agregat kasar lebih besar dari pada Lataston Lapis Permukaan (HRS Wearing Course). Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, maka campuran harus dirancang sampai memenuhi semua ketentuan harus dilaksanakan berdasarkan spesifikasi teknis. Dua kunci utama dalam pekerjaan ini adalah : 
  1. Gradasi yang benar-benar senjang. Agar diperoleh gradasi senjang, maka hampir selalu dilakukan pencampuran pasir halus dengan agregat pecah hasil penggilingan mesin. Bilamana pasir (alam) halus tidak tersedia untuk memperoleh gradasi senjang maka campuran Laston bisa digunakan. 
  2. Sisa rongga udara pada kepadatan membal (refusal density) harus memenuhi ketentuan yang ditunjukkan dalam Spesifikasi ini. 
Laston (AC) Laston (AC) terdiri dari tiga macam campuran, Laston Lapis Aus (AC-WC), Laston Lapis Pengikat (AC-BC) dan Laston Lapis Pondasi (AC-Base) dan ukuran maksimum agregat masing-masing campuran adalah 19 mm, 25,4 mm, 37,5 mm. Setiap jenis campuran AC yang menggunakan bahan Aspal Polimer atau Aspal dimodifikasi dengan Aspal Alam atau Aspal Multigrade disebut masing-masin

Spesifikasi Teknik Pekerjaan Pengaspalan Jalan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Masyarakat Belajar

0 komentar:

Post a Comment