Metode Pelaksanaan Pekerjaan Pasangan Batu dengan Mortar (Pekerjaan Jalan)

Metode pelaksanaan pekerjaan pasangan batu dengan mortar, pada pekerjaan jalan.

Jenis Pekerjaan       : Pasangan Batu dengan Mortar
Sat Pembayaran      : M3

1. Lingkup Pekerjaan 
Lingkup pekerjaan ini mencakup penggalian, pengadaan material, pemasangan bowplank, pasangan batu, plester dan aci serta perapihan hasil pekerjaan.

Metode Pelaksanaan Pekerjaan Pasangan Batu dengan Mortar
2. Persiapan Pekerjaan
1) Mengirim  program  kerja  (workplan)  termasuk  metoda  kerja, schedule,  perlatan,  personil kerja dan gambar kerja yang akan digunakan,  untuk memperoleh persetujuan dari Konsultan dan Direksi sebelum pekerjaan dimulai.
2) Mengajukan persetujuan penggunaan bahan material.
3) Memberitahu  konsultan  secara  tertulis  paling  sedikit  24 jam sebelum tanggal dilakukannya  pelaksanaan pekerjaan (Request For Work).


3. Uraian Pekerjaan
1) Sebelum pemasangan batu harus di bersihkan dan di basahi sampai merata dan dalam waktu yang cukup untuk memungkinkan penyerapan air mendekati titik jenuh.
2) Menghamparkan pasir urug pada landasan yang berhubungan pada tanah dasar setebal 5 cm.
3) Landasan yang akan menerima setiap batu harus di basahi dan selanjutnya landasan dari adukan harus disebar pada sisi batu yang bersebelahan dengan batu yang akan di pasang.
4) Landasan dari aduakan baru paling sedikit 3 cm tebalnya harus di pasang pada pondasi yang disiapkan sesaat sebelum penempatan masing-masing batu pada lapisan pertama. Batu besar pilihan harus di gunakan untuk lapis dasar dan pada bagian sudut-sudut.
5) Batu harus di pasang dengan muka yang terpanjang mendatar dan muka yang tampak harus di pasang seajajar dengan muka dinding dari batu yag terpasang.



4. Tahapan Pekerjaan
Tahapan Pekerjaan Pasangan Batu Dengan Mortar

5.  Kebutuhan Jasa, Alat dan Material

1.
Tenaga yang dibutuhkan
Pekerja
=
10
Orang
Tukang Batu
=
4
Orang
Mandor
=
1
Orang
Operator / Supir
=
2
Orang
2.
Peralatan yang  dibutuhkan
Concrete Mixer
=
2
Unit
Water Pump
=
1
Unit
Water Tanker
=
1
Unit
Alat Bantu
=
1
Ls
3.
Bahan  yang  digunakan
Batu Gunung
Pasir Pasang
Semen
Material Lainnya

*) Catatan Kebutuhan Jasa, Alat dan Bahan Harus disesuaikan berdasarkan perhitungan di Analisa Harga Satuan. Lihat contoh RAB Jalan yang saya bagikan, (BILA BELUM MEMILIKI KLIK Rencana anggaran biaya pekerjaan jalanPerhatikan sheet D2 Lihat item pekerjaan Pasangan Batu dengan Mortar 
Untuk Tenaga lihat Kolom D219 disana tertera tenaga yang dibutuhkan adalah 1. Pekerja {E223}, jumlahnya lihat di kolom {I223}2. Tukang Batu {E224}, jumlahnya lihat di kolom {I224}3. Mandor {E225}, jumlahnya lihat di kolom {I225}
Untuk Peralatan lihat kolom D183 perhatikan jenis alat yang dibutuhkan 1. CONCRETE MIXER {D184} dengan jumlah 1 
Untuk Bahan lihat kolom D177 perhatikan jenis bahan yang dibutuhkan  KOSONG1. BATU  {D1782. SEMEN {D179} 2. PASIR {D181} 

6. Analisa K3
1. Personil
Pelaksana
Petugas K3L
Tenaga Kerja


2. Aspek K3
Memasang Rambu Peringatan
• Rambu Perinagatan : “HATI-HATI ALAT BERAT SEDANG BEROPERASI

Menggunakan Alat Pelindungan diri ( APD )
• Sarung Tangan
• Helm
• Sepatu Safety

Metode Pelaksanaan Pekerjaan Pasangan Batu dengan Mortar (Pekerjaan Jalan) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Masyarakat Belajar

2 komentar:

  1. metode pelaksanaan perbaikan pasanagan batu dengan mortar ada ?

    ReplyDelete
  2. Pada dasarnya proses pekerjaan sama saja. Agan-nya cukup menambah di awal pekerjaan metode pekerjaan bongkaran pasangan batunya, bila ditinjau dari segi struktur pasangan batu bila ingin diperbaiki harus dibongkar sampai batas tertentu daerah terdampak. Bila bongkaran telah dimuat dalam metode pelaksanaan, maka dapat dilanjut metode diatas.

    ReplyDelete