Metode Pelaksanaan Pekerjaan Mobilisasi (Pekerjaan Jalan)

Metode Pelaksanaan Pekerjaan Mobilisasi

1. Lingkup Pekerjaan 
Pekerjaan ini mencakup semua kegiatan mobilisasi peralatan dan personil yang di perlukan dan semua falitas pendukung selama dalam masa pelaksanaan pekerjaan serta melakukan demobilisasi kembali terhadap semua terhadap semua peralatan dan personil pada saat pekerjaan selesai.

Proses Mobilisasi Alat  Berata Excavator, Metode Pelaksanaan Pekerjaan Mobilisasi

2. Persiapan Pekerjaan
1) Mengirim  program  kerja  (workplan)  termasuk  metoda  kerja, schedule,  perlatan,  personil kerja dan gambar kerja yang akan digunakan,  untuk memperoleh persetujuan dari Konsultan sebelum pekerjaan dimulai.
2) Memberitahu  Konsultan  secara  tertulis  paling  sedikit  24 jam sebelum tanggal dilakukannya  pelaksanaan pekerjaan

3. Tahapan Pekerjaan
Tahapan Pelaksanaan Pekerjaan Mobilisasi

• Peralatan merupakan hal yang sangat vital dalam pelaksanaan suatu pekerjaan konstruksi maka ketepatan waktu mobilisasi sangat penting untuk dijadwalkan dengan baik.
• Mobilisasi alat dilakukan setelah mendapat ijin dari Direksi atau maksimal 7 hari setelah mendapat surat perintah mulai kerja (SPMK).
• Peralatan yang digunakan akan disesuaikan dengan kebutuhan pelaksanaan. Peralatan tersebut di atas di simpan di lokasi pekerjaan dan di jaga sehingga dapat dipergunakan pada waktunya tanpa ada kendala yang dapat mengganggu pekerjaan, misalkan terjadi kerusakan pada alat yang akan digunakan.
• Demobilisasi alat akan dilakukan setelah semua pekerjaan selesai.

5.  Kebutuhan Jasa, Alat dan Material

1.           Tenaga
Operator / Supir
=
2
Orang
2.
Peralatan yang  dibutuhkan
Flat Bad Truk
3.
Bahan  yang  digunakan

*) Catatan Kebutuhan Jasa, Alat dan Bahan Harus disesuaikan berdasarkan persyaratan teknis. Lihat contoh RAB Jalan yang saya bagikan, (BILA BELUM MEMILIKI KLIK Rencana anggaran biaya pekerjaan jalanPerhatikan sheet D2 lihat analisa item pekerjaan

6. Analisa K3
1. Personil
Pelaksana
Petugas K3L
Tenaga Kerja

2. Aspek K3
Memasang Rambu Peringatan
• Rambu Peringatan : “HATI-HATI, ALAT BERAT BERGERAK

Menggunakan Alat Pelindungan diri ( APD )
• Sarung Tangan
• Helm
• Sepatu Safety

Metode Pelaksanaan Pekerjaan Mobilisasi (Pekerjaan Jalan) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Masyarakat Belajar

1 komentar: